Fun Facts about Cakes!

Fun Facts about Cakes!

Cake atau kue selalu ada di setiap acara ataupun perayaan. Kue membuat suasana menjadi lebih manis dan menyenangkan. Sepotong kue akan memberikan kebahagiaan dan terkadang, merupakan ungkapan kasih sayang. Lalu, adakah fakta menarik tentang kue? Sejak kapan kue mulai digemari? Mengapa ada kue ulang tahun?

Kata “cake“ yang dalam bahasa Indonesia berarti “kue“ berasal dari kata kaka dan tidak memiliki hubungan sama sekali dengan cook (memasak). Bahasa Latin dari kue adalah placenta (placentarius adalah pastry-cook) yang berasal dari kata plakos (flat) dalam bahasa Yunani. Istilah anatomi placenta pertama kali digunakan pada abad ke-16 oleh seorang pakat anatomi dari Italia bernama Realdo Colombo. Penggunaan nama placenta difokuskan kepada bentuk yang datar (flat). Dalam Rumania modern, plačintă adalah sebuah kue berbentuk lingkaran yang berisi keju atau buah. Hingga abad ke-15, kata “cake” dalam bahasa Inggris digunakan untuk menggambarkan bentuk yang datar atau setengah bundar dari roti.

Selain asal muasal dari kata “cake“, kami akan berbagi dengan beberapa fakta menarik lain tentang kue. Let’s eat some sweets and know the fun facts about them 😉

Fun Facts about Cakes

Image : Istimewa

Kue dan Ritual Aneh

Kue menjadi bagian dari sebuah ritual aneh pada jutaan tahun yang lalu. Tahukan kamu tentang orang Celtic? Mereka mengadakan festival yang dinamakan “Beltane Festival“. Pada festival itu, kue berbentuk bulat digulingkan dari atas bukit. Jika kue tidak hancur saat mencapai bawah bukit, mereka percaya bahwa hal itu akan membawa keberuntungan.

Yeast Cake

Yeast Cake atau kue ragi adalah kue yang tertua. Kue ini mirip dengan yeast bread (roti ragi). Bentuk kue ini sangat tradisional dan hampir sejenis dengan kue Babka.

Babka Cake

Kue Babka adalah kue tradisional yang dipanggang oleh orang-orang Slavia. Apa yang begitu istimewa tentang kue Babka? Sebelum dipanggang, adonan dituangkan diatas sebuah selimut yang terbuat dari bulu angsa. Kue Babka hanya diperbolehkan untuk dibuat oleh perempuan dan laki-laki dilarang memasuki dapur hingga kue selesai dibuat. Selain itu, tidak diperbolehkan untuk bersuara sedikit pun saat membuat kue Babka. Bahkan, mereka tidak berbisik sama sekali saat membuat kue ini.

Stack Cake

Pernah mendengar tentang “Stack Cakes”? Ini adalah jenis kue yang ditumpukkan secara tidak teratur. Pada masa lampau, kue ini sangat istimewa. Setiap pasangan yang datang ke pesta pernikahan akan membawa kue Stack ini. Hal yang menarik adalah semakin tinggi tumpukan kue Stack, semakin tinggi pula tingkat popularitas dari pasangan tersebut. Unik, ya? 😉

Whoopie Pie

Kue yang lapisan tengahnya ditutupi krim beku disebut sebagai “Whoopie Pie“. Ada cerita menarik dibalik nama “Whoopie“. Ketika pria Amish yang berprofesi sebagai petani pergi bekerja, perempuan Amish ingin memberikan sedikit kejutan. Lalu, perempuan Amish pun memanggang kue dan meletakkannya di lunch box. Para pria Amish sangat terharu akan kejutan tersebut dan berteriak, “Woopie!“, sambil menangis. This is how Whoopie Pie got its name. Super sweet 🙂

Sponge Cake

Sponge Cake atau kue Sponge dianggap sebagai jenis kue pertama yang merupakan non-ragi. Proses pembuatan kue Sponge mengandalkan udara yang terjebak dalam matriks protein (umumnya telur kocok) untuk menyediakan leavening (adonan asam). Terkadang, ditambahkan pula sedikit baking powder.

The Biggest Cake

Kue terbesar yang pernah dibuat memiliki berat 60 kg dengan hiasan beku seberat 16 kg! Kue ini dibuat dalam rangka ulang tahun ke-100 dari Fort Payne, Alabama. Bentuk kue ini dibuat sama dengan bentuk Kota Alabama.

Kue dan Bahasa

Indonesia = Kue

Inggris = Cake

Welsh = Cacen

French = Gateau

German = Kuchen

Spanish = Torta

Portugis = Bola

Jepang = Wagashi

***

Ternyata, banyak sekali fakta menarik dari kue! Ingat selalu, meskipun kue manis dan lezat, makan sesuai kebutuhan agar kesehatanmu tetap terjaga. Sweet but not healthy is a big no! Your health is priceless 🙂

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s