Tarian Indonesia yang Terkenal di Dunia

Tarian Indonesia yang Terkenal di Dunia

Seni tari merupakan ungkapan jiwa yang memiliki unsur keindahan dalam rangkaian gerakan teratur sesuai irama yang mengiringinya. Harmonisasi dari gerakan anggota tubuh dan irama musik akan menciptakan tarian yang indah juga tak jarang memiliki makna. Terdapat 3 unsur utama dalam tari, yaitu wiraga (fisik), wirama (iringan musik), dan wirasa (penjiwaan atau ekspresi). Sudah tentu pada akhirnya gerak tari akan memiliki banyak perbedaan dibandingkan gerak biasa dalam hal kehalusan, dinamika (irama dan tempo), juga iringan.

Kami akan berbagi informasi tentang tarian Indonesia yang terkenal di berbagai penjuru dunia. Tentu kamu tidak meragukan lagi bahwa tarian Indonesia pasti akan sangat dikenal masyarakat dunia. Namun, tarian apa sajakah itu? Berasal dari manakah tarian tersebut? Apakah ada makna dari setiap gerakannya? Let’s check this out!

260612134417_reog_ponorogo

Image : Istimewa

TARI BALI

Tari Bali sangat dikagumi wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia. Banyak wisatawan dari Amerika Serikat, Thailad, Australia, Jerman, Jepang, China dan banyak lagi yang berkunjung ke Bali untuk menyaksikan Tari Bali secara langsung. Tidak hanya itu, sanggar kesenian di Bali pun seringkali mendapat kunjungan wisatawan asing yang kagum akan kebudayaan tari di Indonesia.

TARI SAMAN

Tari Saman termasuk jenis tarian Indonesia yang sangat menarik dan menakjubkan. Gerakan serentak mengikuti irama musik yang harmonis menjadi ciri khas yang tidak dapat dipisahkan dari tarian ini. Berbagai gerakan teratur itu seolah digerakkan oleh satu tubuh yang terus menari dengan kompak mengikuti iringan lagu yang dinamis. Oleh karena itu, tak heran jika banyak sekali penikmat seni yang mengagumi Tari Saman baik dari Indonesia maupun mancanegara.

TARI REOG PONOROGO

Berasal dari bagian barat laut dari Jawa Timur, Ponorogo dianggap sebagai kota asal Reog yang sebenarnya. Tari Reog Ponorogo merupakan salah satu tari Indonesia yang masih kental akan hal berbau mistis dan ilmu kebatinan yang kuat. Sosok warok dan gemblak, yang juga menghiasi gerbang kota Ponorogo, pun akan selalu ada pada setiap pentas tari yang dilakukan. Namun, Tari Reog Ponorogo tetap memberikan pertunjukan yang unik dan tidak ada duanya sehingga menjadi sangat terkenal di berbagai belahan dunia.

TARI PENDET

Pada mulanya, Tari Pendet merupakan tari pemujaan yang banyak diperagakan di Pura, tempat ibadah umat Hindu di Bali, Indonesia. Tarian ini melambangkan penyambutan turunnya dewata ke alam dunia. I Wayan Rindi, seorang maestro seni tari, menggubah Tari Pendet yang sakral untuk disesuaikan menjadi tari dengan tema sederhana, seperti tari penyambutan ataupun tari selamat datang. Meski tetap mempertahankan unsur sakral dan religius, Tari Pendet tidak lagi hanya dipentaskan setiap upacara keagamaan, namun telah mampu menjadi bagian dari masyarakat dunia. Hingga saat ini, Tari Pendet menjadi tontonan wajib wisatawan yang berkunjung ke Pulau Dewata.

TARI KECAK

Wayan Limbak bekerja sama dengan seorang pelukis berkebangsaan Jerman, Walter Spies, menciptakan Tari Kecak pada tahun 1930. Tarian ini tercipta berdasarkan tradisi Sanghyang dan beberapa bagian kisah dari Ramayana. Ritual Sanghyang adalah tradisi tarian yang penarinya akan berada dalam kondisi tidak sadar untuk melakukan komunikasi dengan Tuhan atau roh para leluhur. Mereka kemudian menyampaikan berbagai harapan pada masyarakat.

Tari Kecak dipertunjukkan oleh banyak sekali penari laki-laki yang duduk berbaris melingkar, mengangkat kedua tangan, dan dengan berirama menyerukan “cak”. Rangkaian gerakan itu menggambarkan kisah Ramayana saat barisan kera membantu Rama melawan Rahwana. Para penari mengenakan kain kotak-kotak mirip papan catur yang melingkari pinggang mereka. Selain para penari tersebut, ada beberapa penari yang memerankan tokoh Ramayana lainnya, seperti Rama, Shinta, Rahwana, Hanoman, dan Sigriwa. Tarian ini tidak menggunakan alat musik dan hanya menggunakan kincringan yang dikenakan pada kaki penari yang memerankan tokoh-tokoh Ramayana.

Wayan Limbak mempopulerkan Tari Kecak saat berkeliling dunia bersama rombongan penari Bali lainnya. Hingga saat ini, Tari Kecak menjadi tarian yang dikenal dunia lewat ciri khas yang tidak ada di negara manapun.

TARI KLASIK KRATON SURAKARTA

Bersumber pada tradisi budaya di lingkungan Keraton, seluruh gerakan pada tarian ini memiliki filosofi yang sarat pesan. Selain itu, pakaian yang dikenakan dan musik yang mengiringi pun memiliki makna. Berbagai unsur itulah yang membuatnya berbeda dibandingan tarian Indonesia lainnya.

TARI KLASIK YOGYAKARTA

Yogyakarta merupakan salah satu daerah yang memiliki banyak tarian yang amat terkenal di dunia. Tarian itu adalah Tari Bedhaya Sang Amurwabhumi, Tari Bedhaya Herjuna Wiwaha, Tari Bedhaya Sapta, Tari Bedhaya Sabda Aji, Tari Bedhaya Angron Sekar, Tari Topeng Putri Kenakawulan, dan masih banyak lagi tarian khas Yogyakarta lainnya yang amat terkenal diantara turis mancanegara.

***

Sebagai orang Indonesia, sudah seharusnya kita bangga karena mempunyai budaya yang amat dikagumi oleh masyarakat dunia. Kita wajib menjaga dan melestarikan berbagai budaya tersebut agar tetap selalu ada dan tidak tergerus arus modernisasi.

Advertisements

2 thoughts on “Tarian Indonesia yang Terkenal di Dunia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s