Panjang Umur Karena Menjadi Relawan

Panjang Umur Karena Menjadi Relawan

Selain silaturahmi, kegiatan yang akan membuatmu panjang umur adalah menjadi seorang relawan. Kesimpulan itu dapat diakses secara online melalui American Psychological Association pada bagian Health Psychology. Penelitian ini diawali dengan menganalisa 3,376 laki-laki dan perempuan yang berumur 65 tahun pada 2004. Secara general, 57% dari mereka telah mengikuti beberapa kegiatan sebagai relawan selama 10 tahun terakhir.

Mereka dihubungi lagi 4 tahun kemudian, tahun 2008. Para peneliti mencatat sebanyak 4.3% dari mereka yang tidak pernah menjadi relawan telah meninggal, sedangkan yang pernah menjadi relawan hanya 2.3%  dari mereka yang meninggal. Selain itu, seberapa rutin menjadi relawan pun berpengaruh pada panjangnya umur mereka. Diantara mereka yang menjadi relawan, kesehatan sebanyak 1.8% responden yang tidak rutin menjadi relawan telah menurun dan 2.5% responden yang rutin menjadi relawan memiliki kesehatan yang baik. Resiko kematian menurun setiap kali kamu berkegiatan positif menjadi seorang relawan!

Namun, alasan untuk menjadi relawan pun berhubungan dengan panjangnya umur seorang relawan. Jika menjadi relawan karena alasan pribadi, seperti mencoba sesuatu yang baru, menambah teman, ataupun supaya bisa keluar dari rumah, memiliki resiko kematian 4 tahun lebih cepat dibandingkan mereka yang menjadi relawan karena murni ingin membantu orang lain.

Panjang Umur Karena Menjadi Volunteer

(Image : Istimewa)

Menjadi relawan, motivasi menjadi relawan, dan panjangnya umur seseorang sebenarnya berhubungan dengan sistem tubuh kita yang berhubungan dengan pikiran, emosi, dan syaraf yang dapat menonaktifkan stress namun meningkatkan hormon oxytocin. Saat stress hilang dan hormon oxytocin, yang merupakan hormon pemberi rasa gembira dan bahagia, selalu bekerja maka sudah pasti perasaan kita pun lebih tenang dan senang. Aktivitas sehari-hari juga terasa lebih mudah dan masalah mudah dicari penyelesaiannya.

Oleh karena itu, kegiatan volunteering dan menjadi seorang relawan mulai berkembang dengan banyaknya lembaga, komunitas, kegiatan, atau gerakan sosial yang memfasilitasinya. Kita dapat dengan mudah mencarinya melalui berbagai media, baik itu media cetak, elektronik, dan sosial. Memang hanya Allah SWT saja yang tahu kapan kita akan dipanggil-Nya kembali, namun jika penelitian membuktikan kalau menjadi relawandapat memperpanjang umur kita, kenapa tidak kita lakukan? Sama halnya dengan silaturahmi.

Setiap kegiatan positif, terutama yang memberikan manfaat pada orang lain, pasti akan memberikan manfaat yang lebih pada kita. Yuk, mulai cari kegiatan atau komunitas tempat kamu memulai kegiatan volunteering dan rasakan manfaat yang akan kamu dapatkan setelah menjadi seorang relawan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s