3 Tips Lainnya Untuk Menjadi Seorang Backpacker Berhijab

3 Tips Lainnya Untuk Menjadi Seorang Backpacker Berhijab

Backpacker melakukan perjalanan dengan budget tertentu dan sangat terhitung. Perjalanan seorang backpacker sering identik dengan budget yang sangat pas bahkan cenderung minim. Pada kenyataannya, perjalanan sebagai backpacker terkadang memberikan efek menyenangkan yang tidak didapatkan bila melakukan perjalanan dengan jasa travel. Menjadi backpacker memberikan kebebasan untuk berinteraksi dengan penduduk lokal hingga mengunjungi berbagai tempat luar biasa yang tersembunyi.

Kami akan berbagi beberapa tips menjadi backpacker berhijab. Sehingga, kamu tidak perlu khawatir saat akan melakukan perjalanan sebagai seorang backpacker. Enjoy the tips 😉

310e9e5c815aceeaaccaaaacebde8ce1

(Image : Istimewa)

Backpack

Jika pergi tanpa bagasi, rucksack 25 L adalah pilihan yang tepat. Selain pakaian, rucksack dapat diisi dengan makanan kering, buku catatan, dan netbook. Bawalah pakaian yang tidak gampang kusut dan mudah dicuci. Pilih warna pakaian yang mudah untuk dipadukan juga tidak mencolok. Bawalah bawahan yang dapat dipadukan dengan 2-3 atasan. Bawa jilbab lebih yang dapat dipadukan dengan 2-3 pasang pakaian. Jangan lupa untuk membawa peniti, dalaman jilbab, kaus kaki, dan perlengkapan Shalat. Bawa secukupnya saja, jangan terlalu banyak.

Selain itu, bawalah pakaian yang sesuai dengan kondisi cuaca. Satu pasang pakaian dan sepatu yang semi-formal juga dapat dibawa, jika kemungkinan harus menghadiri acara tertentu. Jika kemungkinan akan meninggalkan pakaian untuk space oleh-oleh, bawa saja pakaian yang tidak akan sayang bila kamu tinggalkan.

Cara packing dengan menggulung lebih optimal dibandingkan melipat. Space untuk barang-barang lainnya akan lebih luas dan memudahkan kamu untuk packing. Jangan lupa membawa plastik, untuk memisahkan antara pakaian kotor dan bersih.

Pilihan Penginapan

Sebelum melakukan perjalanan, cari lokasi penginapan yang sesuai dengan budget kamu. Manfaatkan saudara, teman, atau kenalan melalui internet (contohnya adalah Hospitality Club). Ada juga penginapan yang disebut sebagai youth hostel berupa dormitory yang dalam satu kamar dapat diisi oleh 6 sampai 8 orang dengan 1 kamar mandi.

Lokasi penginapan baiknya dekat dengan tempat tujuanmu. Jangan pilih lokasi penginapan yang jauh dari keramaian dan sulit untuk dijangkau sarana transportasi. Hal yang terpenting dalam memilih penginapan adalah bersih dan aman.

Rencana Perjalanan

Bawalah peta atau petunjuk lain yang memudahkan kamu dalam melakukan perjalanan. Bawa juga kompas untuk membantu menunjukkan arah lokasi. Selain itu, kompas juga dapat membantu menunjukkan arah Kiblat sehingga memudahkan kamu untuk Shalat.

Jalan kaki saja bila lokasi mudah dan dekat untuk dijangkau. Manfaatkan sarana transportasi dengan baik, sehingga kamu dapat mencapai berbagai lokasi dengan mudah. Bawa juga ongkos lebih untuk kemungkinan terburuk harus menggunakan taksi.

***

Jadikan perjalanan sebagai backpacker sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Jangan lupa untuk selalu menjadi Agen Islam dengan menjadi Muslimah berhijab yang selalu bersyukur, berbuat baik, dan tetap rutin beribadah. Mari jelajahi bumi Allah SWT sebagai backpacker berhijab! 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s