3 Tips Untuk Menjadi Seorang Backpacker Berhijab

3 Tips Untuk Menjadi Seorang Backpacker Berhijab

Perjalanan menantang sebagai seorang backpacker terkadang menjadi halangan bagi seorang Muslimah. Hijab yang digunakan sering dijadikan alasan untuk tidak melakukan perjalanan. Pada kenyataannya, berhijab tetap dapat membuatmu nyaman dan aman dalam perjalanan sebagai backpacker.

Kami akan berbagi beberapa tips menjadi backpacker berhijab. Sehingga, kamu tidak perlu khawatir saat akan melakukan perjalanan sebagai seorang backpacker. Enjoy the tips 😉

Menjadi Seorang Backpacker Berhijab

(Image : Istimewa)

Just because of Allah SWT

Niatkan perjalanan hanya untuk melihat berbagai keindahan yang Allah SWT ciptakan. Sehingga, sepanjang perjalanan pun kamu akan selalu bersyukur dan menjaga kualitas ibadah. Biasakan untuk selalu berdo’a selama perjalanan. Jadikan zikir sebagai teman setia yang menemanimu. Usahakan untuk tetap Shalat tepat waktu, walaupun kamu ingin melakukannya secara jama’ ataupun jama’-qashar. Selain itu, ibadah sunnah lainnya seperti Shalat Dhuha dan Shalat Tahajjud akan lebih baik jika tetap kamu jalankan. Bawalah Al-Qur’an didalam tas dan tetap usahakan untuk rutin membacanya.

Perencanaan Dana

Menjadi backpacker memang identik dengan perencanaan budget. Tetapi, perencanaan budget yang tepat dan sesuai akan memudahkanmu untuk mengontrol pengeluaran. Alokasi dana selama perjalanan diperkirakan sebagai berikut, makan 15%, transportasi 15%, akomodasi 25%, uang saku 20% dan wisata 15%. Dana yang dapat ditekan adalah biaya akomodasi dan transportasi. Jangan terlalu membatasi biaya makan. Lebih baik agak mahal tetapi tetap sehat, dibandingkan murah tetapi membawa penyakit.

Bagaimana dengan alokasi dana untuk oleh-oleh? Dana untuk oleh-oleh dapat kamu alokasikan secukupnya saja. Bukan merupakan hal terpenting dalam perjalanan ini.

Persiapan Dokumen

Jika tujuan perjalanan adalah ke luar negeri, bawa uang Rupiah secukupnya saja untuk membayar keperluan perjalanan kita saat masih di tanah air. Persiapkan mata uang negara yang dituju dan hindari untuk menukar di bandara. Kurs yang diberikan oleh bandara biasanya akan lebih rendah.

Bawa selalu paspor dan berbagai dokumen lainnya yang berhubungan dengan dirimu. Paspor adalah pengganti KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan sebagai bukti nyata juga tertulis bahwa kamu adalah turis legal di negara tersebut. Sesuaikan visa yang kamu miliki untuk keperluanmu. Jujur adalah poin yang sangat penting. Kamu membawa nama negara tercinta dan membawa nama Islam melalui hijabmu 🙂

***

Kami masih memiliki beberapa tips untuk kamu. Simak tips untuk menjadi backpacker berhijab di artikel selanjutnya, ya 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s