Lebih Sehat Dengan Nasi Merah

Lebih Sehat Dengan Nasi Merah

Nasi Merah seringkali menjadi menu wajib bagi mereka yang sedang menjalani program penurunan berat badan. Program diet pun identik dengan nasi merah. Sebenarnya, apa saja kelebihan nasi merah dibandingkan dengan nasi putih sehingga dianggap lebih sehat?

Lebih Sehat Dengan Nasi Merah

(Image : Istimewa)

Menurut pakar gizi dan keamanan pangan Profesor Ahmad Sulaiman dari Institut Pertanian Bogor (IPB), nasi merah merupakan merupakan salah satu jenis pangan lokal khas Indonesia yang sangat unggul. Nasi merah berasal dari jenis padi merah alias padi gogo atau padi huma. Proses pertumbuhan tanaman padi ini sangat tergantung pada turunnya hujan dan ditanam di ladang, bukan disawah. Hal tersebut menyebabkan padi tidak direndam air. Secara alami, padi merah adalah padi neglected (dibiarkan), karena tidak perlu perhatian khusus dan hanya diurus saat rumput-rumput pengganggu di sekitarnya perlu dicabuti. Yuk, kita ketahui kelebihan nasi merah agar konsumsi makanan kita dapat lebih sehat.

Nasi Merah Mengandung Lebih Banyak Serat dan Asam Lemak Esensial

Setelah digiling sekamnya, kulit ari dibiarkan menempel sehingga kandungan zat gizi yang ada tidak terbuang percuma. Pada kulit ini terdapat banyak serat yang bermanfaat dan hal itulah yang membuat kandungan serat pada nasi merah dua kali lebih tinggi dibandingkan nasi putih. Pada kulit ari padi merah pun terdapat kandungan asam lemak esensial yang sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang terutama bagi bayi maupun anak.

Nasi Merah Dapat Menahan Rasa Lapar

Nasi merah adalah makanan dengan indeks glikemik yang rendah sehingga dapat membantu mencegah terjadinya lonjakan gula darah dalam waktu singkat. Dengan konsumsi nasi merah, perut tidak akan cepat lapar sehingga sangat bagus untuk mereka yang sedang diet atau memiliki riwayat diabetik. Nasi merah pun mengandung karbohidrat kompleks yang merupakan jenis karbohidrat yang lama dicerna dalam tubuh. Sebuah studi di British Journal of Nutrition menemukan, konsumsi karbohidrat kompleks (kentang, oatmeal, dan beras merah) bisa membuat kenyang hingga berjam-jam dan makan kurang dari 320 kalori per hari. Untuk meningkatkan kesehatan, kamu dapat mengganti nasi putih atau mie dengan nasi merah saat makan siang atau malam.

Nasi Merah Mengandung Vitamin B dan Antioksidan yang Lebih Tinggi

Dibandingkan nasi putih, nasi merah memiliki kandungan thiamin atau vitamin B1 yang lebih tinggi. Vitamin B1 sangat penting untuk metabolisme, energi, memperkuat system kekebalan tubuh, dan neurotransmitter atau “anti stress”. Warna merah pada nasi merah sebenarnya adalah pigmen-pigmen antioksidan, seperti antocyanin.  Antioksidan ini dapat mencegah oksidasi asam-asam lemak yang dapat memicu radikal bebas dan menyebabkan kanker. Nasi merah juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol buruk di dalam darah.

Nasi Merah Mengandung Zat Besi dan Zinc yang Lebih Tinggi

Kandungan zat besi yang terdapat di nasi merah pun lebih tinggi dibandingkan nasi putih. Zat besi atau mangan membantu tubuh untuk menghasilkan energi dari makanan yang kita konsumsi. Mangan juga merupakan komponen penting dari enzim dan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan oleh radikal bebas yang biasanya terbentuk selama proses produksi energi. Jika nasi merah dikonsumsi, daya tahan tubuh meningkat dan energi bisa digunakan lebih optimal. Selain zat besi, nasi merah pun mengandung zinc yang lebih tinggi. Mineral ini membantu mempercepat penyembuhan luka dan menjaga sistem imun agar dapat berfungsi dengan baik. Zinc juga kaya akan antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas yang bersifat merusak sel-sel dan jaringan tubuh.

***

Dengan berbagai kelebihannya tersebut, nasi merah bukan hanya makanan sehat untuk mereka yang sedang menurunkan berat badan ataupun diet. Nasi merah dapat menjadi konsumsi kita semua agar tubuh semakin sehat sehingga aktifitas akan semakin lancar. Berbagai pilihan makanan sehat untuk makan siangmu pun dapat menjadi faktor penentu untuk menjaga kesehatan. Terlebih, pilihlah snack sehat untuk perempuan aktif seperti dirimu. Jika tidak sempat sarapan, kamu bisa memilih berbagai menu brunch sehingga rasa lapar pun tidak lagi menyerang. Optimalkan waktu sempit untuk menahan rasa lapar dengan meminum segelas smoothies segar.  Selain nasi merah, proses menurunkan berat badan ataupun diet dapat disesuaikan berdasarkan golongan darahmu. Ingat selalu, kesehatan adalah yang utama. Be Happy and Stay Healthy 😉

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s