Kunci Emas Untuk Hidup Sehat

Kunci Emas Untuk Hidup Sehat

Dr. Hiromi Shinya, MD merupakan Guru Besar Kedokteran Albert Einstein College of Medicine, AS sekaligus penulis buku The Miracle of Enzyme yang memberikan perubahan paradigma tentang diet dan pola hidup sehat. Salah satu pernyataannya adalah menyarankan untuk konsumsi buah sebelum makan, tidur siang 5-20 menit setelah makan siang, dan proses detoksifikasi dengan enema kopi. Tidak hanya itu, banyak pernyataan kesehatannya yang terasa bertolak belakang dengan kebiasaan umum. Namun, pada kenyataannya, pernyataannya tersebut merupakan kunci emas agar manusia dapat menikmati hidup dengan lebih baik. Berikut adalah 7 kunci emas ala Dr. Shinya untuk kehidupan yang lebih sehat,

4 Langkah Alami Untuk Tetap Sehat dan Cantik

(Image : Istimewa)

Pilihlah menu makanan yang baik

Utamakan untuk konsumsi makanan nabati, seperti makanan yang bersumber dari biji-bijian, sayuran hijau, dan buah-buahan. Sedangkan, untuk protein hewani, usahakan untuk secukupnya saja dan tidak berlebihan. Protein hewani yang sesuai adalah ikan, ayam, bebek, sapi, telur, dan susu.

Minumlah air yang baik

Air sangat penting bagi kesehatan. Minumlah air yang baik, yaitu air yang masih jernih dan belum tercampur dengan zat kimia berbahaya. Sebagai seorang yang aktif, sebaiknya minum 6-10 gelas setiap hari. Ada pula beberapa waktu yang harus kita rutinkan untuk meminum air, seperti rutin minum 1-3 gelas air setelah bangun tidur dan rutin minum 2-3 gelas air sekitar 1 jam sebelum waktu makan.

Pembuangan yang teratur

Mulailah suatu kebiasaan harian untuk menyingkirkan polutan dari usus dan untuk secara teratur membersihkan sistem pencernaan. Namun, hindari obat pencahar yang akan semakin menyakitkan proses pencernaan. Salah satu cara alami untuk melancarkan proses pembuangan adalah dengan enema kopi. Proses detoksifikasi ini terbukti aman dan alami, karena tidak melepaskan radikal bebas ke dalam aliran darah.

Olahraga secukupnya

Olahraga yang sesuai dengan usia dan kondisi fisik penting untuk kesehatan. Namun, olahraga secara berlebihan dapat melepaskan radikal bebas dan membahayakan tubuh. Beberapa jenis olahraga yang bagus adalah berjalan kaki sejauh 4 km, berenang, tenis, bersepeda, golf, yoga, bela diri, dan aerobik.

Istirahat yang cukup

Pergilah tidur pada waktu yang sama setiap malam. Usahakan untuk mendapatkan 6-8 jam tidur tanpa terputus. Hindari untuk makan dan minum 4-5 jam sebelum tidur, karena akan mengganggu proses pencernaan. Lalu, inilah salah satu informasi penting untuk kamu yang selalu aktif, usahakan untuk tidur siang selama 5-20 menit setelah makan siang. Kegiatan ini akan memberikan keadaan istirahat pada tubuhmu, sehingga dapat beraktivitas dengan lebih semangat.

Pernapasan dan Meditasi

Tarik napas dalam-dalam dari dalam perut 4-5 kali per jam. Membuang napas harus 2 kali lebih panjang daripada menariknya. Ini sangat penting, karena dapat membantu menyingkirkan racun dan radikal bebas dari dalam tubuh. Kenakan pakaian yang tidak ketat, agar proses pernapasan dapat berjalan normal dan lancar.

Dengarkan apa yang dibutuhkan oleh tubuh kita dengan bermeditasi. Jangan selalu memaksakan diri yang berakibat buruk bagi tubuh kita sendiri. Berpikir positiflah agar jiwa kita tetap tenang, sehingga tubuh dapat selalu aktif.

Kebahagiaan dan Cinta

Salah satu cara mudah untuk merasakan nikmatnya hidup adalah dengan menjalani hidup dengan penuh gairah dan cinta dalam setiap aktivitas yang kita lakukan. Kebahagiaan dan cinta akan meningkatkan kualitas tubuh, bahkan terkadang membawa keajaiban. Luangkan waktu untuk selalu bersyukur atas segala karunia yang kita dapatkan. Tidak lupa untuk menghargai kehidupan, diri sendiri, juga orang lain. Selain itu, lepaskan beban dengan tertawa, menyanyi, juga menari.

***

7 kunci emas untuk hidup sehat dari Dr. Hiromi Shinya, MD adalah masukan yang sangat bermanfaat bagi tubuh dan kehidupan kita. Sebagai umat Muslim, kita pun memiliki cara yang sangat tepat untuk meningkatkan kualitas hidup, yaitu dengan Shalat. Sudah terbukti bahwa Shalat Tahajjud (Shalat Malam) dapat meningkatkan imunitas tubuh. Gerakan Shalat pun memberikan kesehatan yang lebih baik bagi siapapun yang menjalankannya.

Baik dari sisi medis dan spiritual, keduanya dapat kita satukan untuk diambil manfaatnya sehingga dapat menjalani kehidupan yang lebih baik. Yuk hidup lebih sehat dan bahagia dengan penuh cinta!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s